Minggu, 26 Februari 2012

Siwalan dan Legen

Dua kata benda ini membuat saya kembali mengenang masa lalu, yah,, seumuran bocah SD (sekarang udah kelas 3 SMK). Waktu dulu ketika Bapak habis bepergian ke kota kabupaten pasti yang saya tanyakan dan saya cari adalah oleh-olehnya yang berupa buah siwalan dan minuman legen.

Yang pertama, buah siwalan merupakan buah yang bisa langsung dimakan begitu kulit yang membungkusnya dibersihkan dan hanya meninggalkan daging buah yang rasanya mirip buah kolang-kaling. Menurut wikipedia , pohon penghasil buah ini yaitu pohon lontar mampu hidup lebih dari 100 tahun dan akan baru akan berbuah setelah berumur 20 tahun. Populasi pohon lontar yang banyak ditemui di Kabupaten Tuban bagian utara tentu jika dikelola secara profesional bisa dijadikan oleh-oleh khas tuban (meskipun pohon lontar juga tumbuh subur di daerah lain) yang akan berdampak dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Tuban.

Yang kedua atau minuman legen adalah hasil fermentasi dari nira buah lontar yang tidak begitu banyak kandungan alkohol didalam minuman tersebut, sehingga aman untuk dikonsumsi. Minuman khas Kota Tuban ini dipercaya mempunyai khasiat yang bisa menyembuhkan penyakit batu ginjal. Penderita batu ginjal yang rutin mengkonsumsi minuman legen selama 1 bulan akan merasakan manfaatnya, berupa pengikisan batuan kalsium yang ada di saluran kencing dan ginjal. Minuman yang satu ini lebih baik untuk segera diminum setelah dideras karena jika sudah berubah menjadi Tuak akan menjadi minuman yang memabukkan.

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More