Sabtu, 25 Februari 2012

Kedungjambe, "Lumbung" Pendidikan di Kec. Singgahan

Tanpa merendahkan desa-desa yang lainnya, judul diatas cocok untuk menggambarkan tempat yang satu ini. Berada dalam posisi yang strategis yaitu diantara Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban membuat daerah ini sangat mudah dijangkau. Kemudahan itulah, dan disertai keuletan para masyarakatnya membuat desa ini mampu mempunyai banyak jenjang pendidikan baik formal maupun non formal. 
Salah satu lembaga pendidikan di Kedungjambe (facebook)

Potensi ini tentu bisa menjadi pertimbangan bagi Pemda Tuban agar menjadikan desa ini sebagai desa wisata. Tepatnya desa wisata pendidikan, jenjang pendidikan yang selama ini aktif meliputi playgroup, tk, mi/sd/sdi, mts/smpi, dan ma (setingkat sma) juga beberapa lembaga kursus. Kebanyakan dari penyelenggaraan pendidikan tersebut dilakukan oleh swasta, hal ini bisa saja mematikan keberlangsungan lembaga tersebut jika tidak ada turun tangan pemerintah dalam memberi bantuan baik berupa alat-alat tulis maupun pada pengembangan kurikulum dan pengajar. 

Dan hal yang tidak kalah penting sebagai bahan pertimbangan untuk menjadikan tempat ini sebagai wahana wisata pendidikan adalah jika sebuah komunitas sekolah berkembang secara otomatis akan berdampak pada perekonomian masyarakat yang "bakulan" di sekitar lokasi-lokasi pendidikan diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More