Selasa, 28 Februari 2012

Makam Sunan Bonang

(Sunan Bonang) ngeluyuran.blogspot
Menurut pandangan beberapa orang, kota Tuban itu tidak usah dijual (dipromosikan) sudah bisa laku dengan sendirinya. Pandangan ini ada benarnya juga sih, karena memang wisatawan sudah datang dengan sendirinya ke Kota Tuban untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang sudah masyhur di sini.
Diantaranya adalah makam Raden Maulana Makdum Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Sunang Bonang yang wafat pada tahun 1525 M. Lokasi Makamnya sendiri berada di belakang Masjid Raya Tuban atau di Desa Bonang. Sunan Bonang terkenal karena cara berdakwahnya secara persuasif lewat tembang. Tombo ati adalah tembang yang digubah oleh beliau.
Menurut cerita, saat beliau wafat dulu kabar akan kewafatan beliau sampai kepada seorang santrinya yang berasal dari Madura. Karena kekaguman santri tersebut, hingga membuatnya ingin menguburkan jenazah Sunan Bonang di daerah asalnya, kejadian ini diketahui oleh santri Sunan Bonang yang lain yan berasal dari Tuban sehingga mereka berebut Jenazah beliau.
Namun, akhirnya santri yang berasal dari Madura harus mengalah dan hanya bisa membawa kain kafan Sunan Bonang untuk dikuburkan di Madura.
Setiap waktu ada saja para peziarah yang mengunjungi makam beliau untuk berdo'a di dekat makam beliau. Kondisi ini tentu saja memberi efek domino pada perekonomian masyarakat sekitar dengan banyaknya pedagang kaki lima disekitar lokasi makam.
Kalau Anda berziarah dilokasi ini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Tuban, kayak Batik Gedog Kerek, Buah siwalan dan legen dan banyak lagi deh...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More